Sejarah Linux Backtrack (Pentest Distro)

Apakah Backtrack itu, apa kegunaan yang cocok untuk distro linux tersebut. Untuk yang baru tau apa itu backtrack akan saya jelaskan disini, Backtrack adalah salah satu distro pentest (penetration testing) yang lebih dikenal dengan hal yang berhubungan mencari celah keamanan pada suatu jaringan didalam internet baik itu website dan sebagainya. Untuk distro yang dipergunakan untuk mencari dimana letak kelemahan bukan hanya backtrack tetapi masih banyak lagi contohnya distro Backbox, Anonymous OS, Samurai Web Testing Framework, NetSecl, The Live Hacking DVD, Blackbuntu, Operator dan masih banyak lagi distro yang diperuntukkan melakukan penetrasi kedalam jaringan internet. Tetapi disini saya akan membahas tentang satu distro saja yaitu backtrack.
 

Untuk penjelasan dari isi tutorial kali ini saya ambil dari sumber yaitu salah satu forum saya IBTeam yang berbentuk ebook ASWB yang kini telah mencapai Versi 2 (update:maret 2013) yang sebelumnya memiliki ASWB Versi 1. ASWB V.2 ditulis oleh founder IBTeam sendiri yang bernama Zee Eichel (begitulah sapaan akrabnya) di forum tersebut.

Baik saya akan menjelaskan dari sejarah backtrack, penemunya adalah Mati Aharoni dan Max Mosser. Mati Aharoni adalah seorang konsultan sekuriti dari Israel, jadi backtrack terbentuk dari sebuah kolaborasi komunitas. Backtrack sendiri merupakan merge dari Whax yang merupakan salah satu distro linux yang digunakan untuk audit keamanan jaringan dan aplikasi komputer (seperti yang dijelaskan diawal). Whax sendiri dibangun atas dasar sistem operasi linux Knoppix ketika Knoppix mencapai versi 3.0 maka dinamakan dengan whax. Whax dapat digunakan untuk melakukan tes sekuriti dari berbagai jaringan dimana saja. Max Mosser merupakan Author dari auditor security collection yang mengkhususkan dirinya untuk pengembangan perangkat lunak yang digunakan dalam penetrasi keamanan yang terintegrasi dengan Linux. Gabungan dari auditor dan Whax ini sendiri menghasilkan 300 tools yang digunakan untuk auditor keamanan jaringan. Auditor security collection juga terdapat pada knoppix.

Seiring perkembangan waktu, BackTrack saat ini terdiri dari berbagai tools yang dikemas didalam sub menu desktop dengan pengklasifikasian via menu tools. Hal ini memudahkan para audirot keamanan jaringan komputer dalam melaksanakan tugas mereka. BackTrack menurut penulis hanyalah sebuah sistem operasi mengemas berbagai tools hasil pengembangan komunitas. Banyak dari tools berdiri di atas hukum pengembangan opensource / free software yaitu GPL yang saat buku ini ditulis (ASWB V.2), telah mencapai versi GPLv3.

Demi mengikuti perkembangan dunia keamanan serta adanya expired tools atau tidak validnya lagi sebuah tools dalam menghadapi atau menguji sistem operasi baik dari segi keabsahan versi , adanya patching atau perbaikan vendor serta integritas dan despiensis pada sistem linux BackTrack itu sendiri.
Versi-versi backtrack yang telah dirilis seperti versi non beta 1.0, versi 2 beta, backtrack versi 2 beta ke dua, backtrack versi 3 beta, versi 3 final, 4 final, 4 R1, 4 R2, versi 5 final, 5 R1 & R2, hingga ditulisnya tutorial didalam blog ini sudah mencapai Backtrack versi 5 R3.

Jika anda ingin mendownload Sistem Operasi Backtrack silahkan langsung saja ke official website Linux Backtrack tersebut Disini

Regard,
gnome_selpa

Sumber : Zelva notes

0 Response to "Sejarah Linux Backtrack (Pentest Distro)"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.